-->
  • Jelajahi

    Copyright © datalampung

    Pemkab Lampung Selatan Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Jelang Hari Raya Idulfitri 1444 H

    Senin, 10 April 2023, 18:36 WIB


    Lampung Selatan, datalampung.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Rapat Koordinasi Persiapan menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023 M yang berlangsung di Aula Rajabasa, Kantor Bupati setempat, Senin (10/04/2023).


    Rapat dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Thamrin dan turut dihadiri perwakilan Forkopimda Lampung Selatan, para Asisten dan Staf Ahli Bupati serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan jajaran dari instansi vertikal lainnya.


    Mewakili Bupati Lampung Selatan, Thamrin menyampaikan, bahwa hari raya Idulfitri merupakan momentum yang paling dinanti oleh masyarakat. Antusiasme menyambut lebaran biasanya diikuti dengan melonjaknya mobilitas dan permintaan kebutuhan masyarakat.


    Oleh karena itu, kata Thamrin, dalam rapat itu akan dibahas beberapa permasalahan yang dihadapi menjelang hari raya Idulfitri. Diantaranya, peningkatan permintaan kebutuhan pokok masyarakat dan kecenderungan peningkatan harga, potensi kecelakaan dan kemacetan lalu lintas.


    “Selanjutnya, peningkatan kebutuhan layanan transportasi dan infrastruktur, potensi gangguan ketentraman dan ketertiban masyarakat, faktor cuaca ekstrem dan penyebaran kembali Covid-19,” ujar Thamrin.


    Pada kesempatan tersebut, Thamrin juga meminta kepada Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Lampung Selatan bersama OPD dan instansi terkait lainnya, untuk terus melakukan pemantauan secara berkala terhadap kecukupan kebutuhan pangan serta melakukan upaya stabilisasi harga dengan operasi pasar.


    Dirinya juga meminta agar Fasilitas Pelayanan Kesehatan 24 jam di Posko Terpadu dapat dioptimalkan. Kemudian, pengaturan rest area, memastikan dan memantau kesiapan simpul transportasi, serta memastikan kesiapan sarana transportasi.


    “Dengan adanya dukungan dibidang pengaturan lalu lintas dan angkutan jalan, juga merupakan sebuah kewajiban untuk dilakukan. Diantaranya dengan menempatkan petugas pada lokasi kepadatan lalu lintas, memastikan kelancaran mobilisasi angkutan logistik, dan antisipasi gangguan pada daerah rawan bencana,” kata Thamrin lebih lanjut.


    Sementara itu, Kabag Ops Polres Lampung Selatan Kompol Tangguh Satya Buana menyampaikan, pihaknya akan segera melaksanakan pengamanan Operasi Ketupat Krakatau menjelang momentum hari raya Idulfitri 1444 H/2023 M.


    Tangguh Satya Buana mengungkapkan, akan terdapat 13 Pos Pengamanan (Pospam) dan 2 Pos Pelayanan (Posyan) yang akan tersebar disejumlah titik di Kabupaten Lampung Selatan.


    Tangguh Satya Buana menyebut, untuk Posyan rencananya akan dilaksanakan di dua titik yaitu Pelabuhan Bakauheni dan Bandara Radin Inten II.


    “Tanggal 18 April dimulainya Operasi Krakatau sesuai perintah dari Mabes Polri. Kemudian tanggal 20-21 April diperkirakan akan menjadi puncak arus mudik dari Jawa masuk ke Sumatera. Tanggal 24-25 April diperkirakan puncak arus balik,” ujar Tangguh Satya. (ptm)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Politik

    +