-->
  • Jelajahi

    Copyright © datalampung

    Iklan

    Cegah Covid-19, Lapas Kalianda Ubah Kunjungan Jadi Video Call

    Redaksi
    Senin, 06 April 2020, 19:12 WIB
    Sejumlah warga binaan saat tengah melakukan video call

    Kalianda, datalampung.com - Lapas Kelas IIA Kalianda, Lampung Selatan, mengganti kunjungan keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP), menjadi kunjungan online atau video call.

    Hal tersebut dilakukan oleh pihak Lapas Kelas IIA Kalianda untuk mencegah dan memutus rantai penyerbaran virus corona (covid-19) di lingkungan lapas itu.

    Kalapas Kelas IIA Kalianda Dr. Tetra Destorie (tengah)


    Kepala Lapas Kelas IIA Kalianda Dr. Tetra Destorie mengatakan, layanan kunjungan face to face telah ditiadakan sejak 23 Maret 2020 lalu.

    "Sesuai dengan arahan bapak Mentri Hukum dan HAM, Lapas Kalianda sudah memberhentikan layanan kunjungan face to face mulai tanggal 23 maret 2020 dan kami mengganti kunjungan itu dengan video call, jadi untuk para napi yang ingin berkomunikasi dengan keluarganya kami siapkan 4 unit PC," ungkap Tetra kepada datalampung.com, Senin, (06/04/20).

    Tetra menerangkan, setiap harinya layanan video call bisa digunakan oleh tiga puluh hingga 40 warga binaan di lapas itu. Sementara setiap warga binaan diberikan jatah maksimal 10 menit untuk bisa berkomunikasi melalui video call.

    "Jadi setiap hari mereka bisa berkomunikasi dnegan keluarganya. Dengan keterbatasan sarana kami membagi, jadi masing-masing blok ada jatah perharinya, jadi mungkin dalam satu minggu satu blok bisa mengakses satu atau dua kali," jelas mantan Kalapas Kotabumi itu.

    Sementara saat ditanya hingga kapan hal tersebut akan dilakukan di Lapas Kelas IIA Kalianda, ia belum dapat memastikan dan harus menunggu arahan pemerintah pusat.

    "Kami menunggu petunjuk lanjut dari pimpinan, apabila pemerintah sudah mengatakan aman, mungkin kita akan mencoba opsi untuk kembali membuka kunjungan," pungkasnya.

    Sementara, salah seorang warga binaan mengatakan cukup senang masih bisa berkomunikasi dengan keluarga ditengah pandemi covid-19, dan kebijakan pemerintah yang tidak mengizinkan kunjungan di lingkungan lapas maupun rutan.

    "Ya Alhamdulillah lah senang, bisa nelfon keluarga, bisa tau kabar keluarga dirumah juga," ungkap salah seorang warga binaan Lapas Kelas IIA Kalianda. (Kur)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini