-->
  • Jelajahi

    Copyright © datalampung

    Lampung Selatan Akan Miliki Sirkuit Motocross Standar Nasional Dalam Waktu Dekat

    Rabu, 03 Agustus 2022, 12:47 WIB

     


    Lampung Selatan, Datalampung.com - Kabupaten Lampung Selatan akan segera memiliki sirkuit motocross berstandar nasional dalam waktu dekat ini.


    Dibangun diatas tanah seluas 5,3 hektar, sirkuit baru motocross ini berlokasi di Desa Kedaton, Kecamatan Kalianda, seberang Masjid Agung tepatnya di samping Kantor PWI Lampung Selatan.


    Sirkuit akan dipakai perdana pada kejuaraan motocross dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Lampung Selatan ke-66 pada bulan November 2022 mendatang, yang dikemas dalam acara bertajuk “Lampung Selatan Expo”.


    Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, pembangunan sirkuit motocross ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh pemerintah daerah, dalam membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.


    Selain menjadi wadah dalam menyalurkan bakat para pecinta motocross, pembangunan sirkuit balap ini juga diharapkan dapat menjadi ajang promosi potensi daerah, mulai dari sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun pariwisata.


    “Ini tujuan akhirnya adalah untuk memajukan daerah, mulai dari sektor UMKM hingga pariwisata. Karena kalau disini mulai ramai event-event, potensi Lampung Selatan juga akan terlihat oleh masyakatat luas. Selain itu juga UMKM dan pariwisata kita diharapkan akan semakin berkembang kedepannya,” ujar Nanang saat meninjau lokasi sirkuit motocross.


    Sementara, Surveyor Proyek Pembangunan Sirkuit Motocross Lampung Selatan Rozi mengatakan, pembangunan sirkuit balap tersebut ditargetkan akan selesai sebelum pelaksanaan HUT ke-66 Lampung Selatan pada bulan November mendatang.


    “Kalau untuk waktunya secepatnya kita kerjakan, untuk awalnya ini kita pengukuran sirkuit. Ini sudah selesai di clearing dan kita membentuk tracknya, ini kita lagi ngebentuk badan jalan sirkuitnya, panjang lintasannya 1,4 kilometer dan lebar 8 meter. Untuk pengukuran sebentar lagi selesai, kalau untuk jadi targetnya sebelum November,” ujarnya saat ditemui dilokasi proyek pembangunan sirkuit motocross, Rabu (3/8/2022).


    Rozi mengungkapkan, selain memiliki berbagai rintangan, sirkuit motocross yang dibangun di dataran tinggi ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Bahkan, dari sirkuit tersebut dapat terlihat Gunung Rajabasa dan lautan yang terbentang luas menghiasi lintasan balap.


    Bahkan, sirkuit tersebut juga akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya, seperti tribun, toilet, mushola, tempat parkir, termasuk sentra UMKM juga akan terdapat di lokasi tersebut.


    “Kalau sudah terbentuk baru kita tentukan lokasi-lokasi rintangannya. Rintangannya ada yang jemping double, jemping sigle. Kalau jemping double itu gundukannya ada 2, kalau sigle ada 1. Kalau untuk sirkuit motocross ini cocok, dia gak harus datar, adrenalinnya lebih,” katanya. 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini