-->
  • Jelajahi

    Copyright © datalampung

    Anggota DPRD Lamsel Akyas Reses di Marga Agung

    Sabtu, 16 April 2022, 09:32 WIB


    Lampung Selatan, datalampung.com - Anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan dari Fraksi PKS, M Akyas melaksanakan Jaring Aspirasi Masyarakat atau Reses yang akan dilaksanakan sejak 16-20 April 2022.


    Reses hari pertamanya di masa sidang ke dua tahun 2022 itu dipusatkan di Dusun 6 Desa Marga Agung Kecamatan Jatiagung, Sabtu (16/4/2022)


    Anggota DPRD Lampung Selatan dapil V Kecamatan Jatiagung itu menyatakan banyak menerima aspirasi dan usulan dari masyarakat yang meliputi beberapa hal.


    Ia menyampaikan, saat pertemuan Reses banyak menerima berbagai permasalahan dan kendala dari warga. Aspirasi yang disampaikan hampir sama saat reses pada tahun-tahun sebelumnya, Salah satu di antaranya yakni, permasalahan umum terkait dengan pembangunan dan perbaikan Infrastruktur.


    “Infrastruktur jalan banyak yang rusak, selain aspal yang mengelupas, jalan juga banyak yang berlubang. Beberapa ruas jalan juga rusak, salah satunya disebabkan karena pergeseran tanah sehingga menyebabkan jalan aspal retak dan juga terlalu sering dilewati kendaraan dengan beban melebihi tonase,” kata Legeslatif dari Fraksi PKS itu.


    Selain itu, M Akyas menyebut, aspirasi dan keluhan masyarakat juga disampaikan terkait dampak akibat pandemi Covid 19. Karena aktivitas terbatas, maka salah satu aspek yang paling berdampak adalah kemerosotan ekonomi masyarakat. Utamanya, bagi masyarakat yang ekonominya menengah ke bawah.


    “Kegiatan dan aktifitas masyarakat dalam mencari pekerjaan untuk mencari nafkah guna memenuhi kebutuhan keluarga menjadi semakin terbatas dan sulit. Karena semua keperluan dalam pengurusan dilakukan dengan menggunakan pelayanan berbasis on line,” ujarnya.


    Terkait dengan terpuruknya ekonomi, Akyas mengatakan bahwa masyarakat menginginkan adanya perhatian dan upaya dalam melakukan pemulihan ekonomi. Karenanya, pemerintah perlu dan segera melakukan terobosan melalui konsep recovery ekonomi.


    “Masyarakat menginginkan agar pemerintah melakukan tindakan yang nyat dalam memulihkan ekonomi dengan memberikan bantuan untuk menguatkan kembali perekonomian masyarakat. Bukar hanya dalam bentuk kompensasi, tetapi lebih dari itu mengusahakan stabilnya kembali perekonomian masyarakat,” jelasnya.


    Karena lemahnya ekonomi masyarakat di masa pandemi, maka pihaknya juga mendorong pemerintah agar memberikan sentuhan lain. Seperti, melakukan pelatihanpelatihan keterampilan dan menghidupkan kembali tempat-tempat Badan Latihan Kerja (BLK) sebagai wadah pelatihan program padat karya. Serta, mendorong pemulihan dan membangkitkan kembali ekonomi desa di masa pandemi Covid-19.


    “Salah satunya juga perlu memaksimalkan sektor ekonomi desa dengan memfungsikan kembali Bumdes dan diperlukan peran masyarakat serta segera dilakukan realisasi infrastruktur dalam rangka menggairahkan kembali ekonomi di masyarakat,” ujarnya.



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini