-->
  • Jelajahi

    Copyright © datalampung

    Natar Kena Banjir, Nanang Akan Benahi Tata Ruang

    Redaksi
    Selasa, 07 Januari 2020, 15:32 WIB

    Nanang saat di Natar

    Natar, Lampung Selatan – Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto bersama para Kelapa OPD Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan meninjau dan memberikan bantuan korban banjir kepada warga di Dusun Citerek Desa Merak Batin Kecamatan Natar, Selasa (07/01/2020).

    Banjir yang disebabkan curah hujan tinggi beberapa hari terakhir dan tidak adanya drainase mengakibatkan banjir dilahan perkebunan seluas 2(Ha) di dusun citerek tersebut. Dari pantauan Tim Dinas Kominfo Lampung Selatan banjir juga telah menggenangi sebanyak 20 rumah warga yang berada di sekitarnya.

    Disambut warga serta pelajar SMK Wiyata Karya Natar, Kedatangan Orang Nomor Satu di Lampung Selatan tersebut diharapkan dapat membantu dan membenahi tata ruang dan lingkungan yang ada di Desa Merak Batin. Hal itu terlihat melalui penanganan langsung yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dengan dibuatnya Gorong-gorong menggunakan traktor sehingga air dapat mengalir ke arah aliran kali di lokasi sekitar.

    Pemerintah Daerah melalui BPBD dan Dinas Kesehatan Lampung Selatan juga turut serta memberikan bantuan kepada warga korban banjir berupa sembako, beras, peralatan sekolah, makanan, susu balita dan bantuan obat obatan dari posko kesehatan di lokasi setempat.

    Kepala Desa Merak Batin, Aldin mengatakan dilokasi tersebut memang kerap terjadi genangan air karena adanya cekungan ditengah lahan perkebunan sedalam 3 meter, akan tetapi menurutnya ini merupakan yang terparah. Aldin juga berharap agar cekungan di lokasi lahan perkebunan tersebut dapat di buatkan aliran air sehingga kedepan tidak terjadi hal serupa.

    “Tiap musim ujan memang terjadi genangan disini, tetapi ini yang terparah sampai beberapa rumah warga kena banjir”, Ucapnya.

    “Saya harap di pinggiran cekungan lahan itu bisa di buatkan aliran air, agar tidak menggenang disitu”, Pungkasnya.

    Sementara itu, Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengatakan akan segera membenahi lokasi penyebab banjir tersebut, Nanang juga menghimbau kepada masyarakat untuk membersihkan gorong-gorong dan parit di rumahnya masing masing sehingga aliran air menjadi lancar.

    “Pemerintah Daerah akan berupaya semaksimal mungkin mengatasi banjir ini, untuk itu saya turun disini bersama jajaran untuk melihat langsung ke lokasi sehingga kami dapat menentukan langkah yang paling tepat”, Ucapnya.

    “Kami akan berupaya membenahi cekungan ini sehingga kedepan tidak terjadi genangan. Saya minta juga kepada masyarakat agar menjaga lingkungan dengan bergotong royong membersihkan drainase depan rumahnya sehingga air tidak naik dan merusak jalan yang sudah dibangun”, Tuturnya.

    Nanang Ermanto melanjutkan peninjauan lokasi banjir dengan berjalan kaki sejauh 2 Km untuk melihat drainanse dan gorong-gorong rumah warga yang sudah banyak yang tersumbat dan beralih fungsi menjadi tempat bakar sampah. (Rk KMF)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Politik

    +