-->
  • Jelajahi

    Copyright © datalampung

    Rakor PKH Lamsel, Target Graduasi Untuk KPM

    Redaksi
    Kamis, 09 Maret 2023, 14:22 WIB
    Rakor PKH Wilayah 1 Lamsel

    Pendamping PKH Wilayah 1 Lampung Selatan menggelar rapat koordinasi di di Aula Kecamatan Palas, Lampung Selatan, Selasa (07/03/2023).

    Dalam rakor itu, Korkap wilayah I Lampung Selatan, Hanafiah Darsudin mengatakan, rapat koordinasi dilakukan kepada pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) perlu melakukan pendampingan dan pembinaan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) agar tidak bergantung kepada bantuan yang diberikan pemerintah. 

    "Memanfaatkan peluang usaha dan menjadikan Keluarga Penerima Manfaat menjadi mandiri, merupakan salah satu tugas bagi para pendamping Program Keluarga Harapan," Kata Hanafiah Darsudin. 

    Menurutnya, dengan meningkatnya kesejahteraan ekonomi KPM, maka dapat dilakukan graduasi atau KPM yang tidak lagi bergantung pada PKH. Dengan begitu semakin banyaknya KPM yang graduasi, maka penilaian kesejahteraan ekonomi masyarakat di Lampung Selatan semakin meningkat. 

    “Pendamping PKH harus terus melaksanakan pendampingan kepada para KPM yang menerima bantuan sosial. Kemudian, para pendamping PKH harus meningkatkan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2),”katanya

    Sementara itu, Manager Proyek Tangguh Siap Paluma Nusantara, Nanang dalam kesempatan itu mengatakan, para pendamping PKH bisa mengajak dan memberikan peluang usaha bagi KPM.

    Koordinator PKH Kecamatan Palas, Agung Nugroho mengatakan, rakor yang dilaksanakan merupakan kegiatan rutin bulanan. Dimana, rakor untuk wilayah I Lampung Selatan, meliputi 7 Kecamatan yakni Kecamatan Palas, Kalianda, Penengahan, Bakauheni, Ketapang, Sragi dan Way Panji.

    “Semua pendamping PKH desa mengikuti kegiatan rutin ini. Untuk kali ini, wilayah Kecamatan Palas menjadi tuan rumah. Dari hasil rakor yang dilaksanakan, mudah-mudahan kita semua bisa bekerja dengan baik lagi dan bisa memberikan peluang usaha bagi KPM, dalam meningkatkan kesejahteraan hidup,”katanya

    Dalam kegiatan itu, pihak Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos Lamsel Dewi yurniati, SST. M.Kes dan pendamping PKH wailayah 1 Lamsel mengundang nara sumber dari PALUMA Nanang untuk memberikan materi tentang mengembangkan peluang usaha, seperti pisang menjadi tepung pisang yang bisa dibuat bermacam-macam kue maupun makanan lainnya. 

    "Dengan adanya kegiatan tersebut, saya berharap pendamping PKH maupun KPM memiliki keterampilan tentang kewirausahaan guna untuk menunjang perekonomian keluarga maupun anggota KPM," Kata Dewi. 

    Dalam kegiatan tersebut, hadir seluruh pendamping PKH wilayah 1, seperti Bakauheni, Ketapang, Sragi, palas, penengahan, Rajabasa dan Kalianda.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini