-->
  • Jelajahi

    Copyright © datalampung

    Iklan

    Lamsel Gelar Musrenbang RKPD

    Redaksi
    Rabu, 31 Maret 2021, 13:56 WIB


    Lampung Selatan, datalampung.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lampung Selatan tahun anggaran 2022.


    Musrenbang tersebut mengangkat tema ‘Peningkatan Kualitas Pembangunan Infrastruktur untuk Pengembangan Potensi Wilayah dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia’.


    Kegiatan yang dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Ir. Farizal Darminto, MA, digelar di Aula Rimau, Kantor Bappeda Lampung Selatan, Selasa (30/3/2021).


    Hadir, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto bersama Wakil Bupati Pandu Kesuma Dewangsa, S.IIP dan jajaran Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan.


    Turut hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos, MM beserta para pejabat utama dan Kepala OPD diingkup Pemkab setempat, Ketua TP PKK Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto dan Ketua DWP Yani Tahmrin.


    Mengawali sambutan dalam kegiatan itu, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada gubernur dan jajaran Pemerintah Provinsi Lampung yang telah menginisiasi berbagai program nasional di daerahnya.


    “Seperti pengembangan Kawasan Wisata Terpadu Bakauheni, Kawasan Industri Sebalang dan Way Pisang, serta Kampung Pintar,” ujar Nanang dalam kata sambutannya.


    Nanang berharap, berbagai pembangunan yang telah direncanakan itu, akan terlaksana dengan baik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Lampung Selatan.


    Selain itu, lanjut Nanang, dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang sangat mengapresiasi upaya penanganan stunting yang telah dilaksanakan oleh Pemkab Lampung Selatan.


    “Kami sampaikan terima kasih, ada empat kategori penghargaan yang telah kami terima dari Pemerintah Provinsi Lampung. Sehingga memacu kami untuk berkomitmen agar Lampung Selatan bebas stunting (zero stunting) pada tahun 2024,” kata Nanang.


    Lebih lanjut Nanang menyampaikan, kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2022 merupakan tahun pertama dari pelaksanaan RPJMD Kabupaten Lampung Selatan 2021-2026.


    “Artinya ini adalah tahun pertama untuk pencapaian segala target kinerja yang sudah tertuang dalam RPJMD. Maka kami mengajak semua pihak untuk berkerja keras,” ujarnya.


    Sementara, menyampaikan sambutan Gubernur Lampung, Sekdaprov Farizal Darminto mengatakan, Pemerintah Provinsi Lampung mendukung penuh forum Musrenbang RKPD tahun 2022 tersebut agar dapat memetakan strategi dan langkah prioritas yang tepat.


    “Harapannya kegiatan Musrenbang RKPD ini akan memberikan daya ungkit yang kuat. Sehingga Kabupaten Lampung Selatan mampu menjadi penopang utama sekaligus pendorong laju pembangunan di Provinsi Lampung,” kata Farizal Darminto.


    Farizal Darminto juga menyampaikan, Musrenbang RKPD tersebut merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun.


    Untuk itu dirinya berharap, pelaksanaan Musrenbang tidak terjebak dalam aktifitas yang sekedar memenuhi kewajiban proses perencanaan saja.


    “Pak gubernur berpesan, agar ini (Musrenbang) tidak menjadi rutinitas. Tetapi betul-betul bisa membuahkan hasil dan pemikiran yang konstruktif dan kreatif. Jangan cuma menaikkan anggaran sekian persen. Tetapi harus ada suatu inovasi dan terobosan atau hal-hal baru yang belum terpikirkan. Istilahnya out of the box,” tukasnya.


    Diakhir sambutannya, Farizal juga berpesan, agar dalam penyusunan RKPD 2022 dapat mengoptimalkan potensi sumberdaya yang ada untuk mempercepat laju pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan.


    Sementara itu, Dalam acara Musurenbag RKPD tersebut, juga diselingi dengan pemberian Penghargaan Perencanaan Pembangunan 2021 terbaik kategori Renja Perangkat Daerah dilingkungan Pemkab Lampung Selatan.


    Dimana untuk peringkat I diraih Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, peringkat II diraih Dinas Ketahanan Pangan, dan peringkat III diraih Dinas Kesehatan.


    Kemudian, untuk harapan I diraih Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, harapan II diraih Dinas Perhubungan, dan harapan III diraih Dinas Perikanan.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini