-->
  • Jelajahi

    Copyright © datalampung

    KPU Lampung Selatan Sosialisasikan Pemilu Ke Pemilih Pemula

    Redaksi
    Kamis, 23 Juli 2020, 09:42 WIB
    Sosialisasi KPU Lampung Selatan

    Kalianda, datalampung.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lampung Selatan melaksanakan kegiatan sosialisasi  Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan Tahun 2020 di Era New Normal Terhadap Pelajar dan Mahasiswa di Aula STAI YASBA Rabu (22/07/2020).

    Acara Tersebut di Hadiri Oleh Komisioner KPU Provinsi Lampung Antoniyus Cahyalana, S.IP, Ketua dan Anggota Komisioner KPU Kab. Lampung Selatan, dan Ketua STAI YASBA Drs. Yakub Yuhira, M.Pd Serta Perwakilan dari Mahasiswa dan Pelajar Se Kab. Lampung Selatan.

    Kegiatan Sosialisasi di Buka Langsung Oleh Ketua KPU Lampung Selatan Ansurasta Razak, S.E, dalam sambutanya, mengatakan dalam Pilkada Tahun 2020 memiliki banyak Tantangan, Khususnya Kegiatan Pemilihan Kepala Daerah di Tengah Pandemi Covid-19, pentingya menjaga Keselamatan dan Kesehatan Masyarakat.

    “Pilkada tahun ini berbeda dengan pilkada sebelumnya, karena kita dihadapkan dengan wabah virus Covid-19, tantangan Pilkada di tengah Wabah Virus Covid-29  ini mudah mudahan menjadi sejarah baru jika penyelenggaraan kita berjalan lancar dan sukses walaupun di tengah pandemi saat ini” tukas ansurasta.

    Pada kesempatan yang sama, Komisioner KPU Provinsi Lampung Antoniyus Cahyalana, S.IP menjadi Narasumber Pada Kegiatan tersebut menyampaikan beberapa hal, tentang Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Antoniyus mengatakan sasaran Pendidikan Pemilih pada Pilkada yaitu Pemilih, Keluarga, Pemilih Pemula, Toga, Pemilih Muda, Pemilih Perempuan, Disabilitas, Berkebutuhan Khusus, Marginal, dan  Komunitas serta netizen. Lanjut Antoniyus, Pentingnya Pelajar dan Mahasiswa Menjadi Agen Relawan Demokrasi khususnya di Media Sosial dalam membantu KPU mensosialisasikan tahapan Pilkada.

    “Dalam memberikan sosialisasi Pendidikan Pemilih KPU menyasar 11 basis segmen sosialisasi yaitu Pemilih, Keluarga, Pemilih Pemula, Toga, Pemilih Muda, Pemilih Perempuan, Disabilitas, Berkebutuhan Khusus, Marginal, dan  Komunitas serta netizen. Mahasiswa dan Pelajar bisa menjadi bagian dan ikut berpartisipasi pada Pilkada, khususnya pendidikan pemilih di Media Sosial,” ujar antoniyus.

    Materi selanjutnya, disampaikan oleh Komisioner KPU Kab. Lampung Selatan Mislamuddin, S.Pd.M.Pd. Dalam materi yang disampaikan, beliau menitikberatkan Peran Mahasiswa dan Pelajar pada setiap tahapan pilkada yang bisa diikuti oleh Mahasiswa dan Pelajar, Seperti Tahapan Pendataan Pemilih, Kampanye, serta pada hari H 9 Desember mendatang yaitu Pemungutan suara.

    “Adek – adek pada tahapan pilkada, ada beberapa tahapan yang dapat berpartisipasi seperti, Pendataan Pemilih, Kampanye, dan Proses Pemungutan suara yang akan di laksanakan 9 desember nanti” tambah mislam.

    Pada Acara tersebut, mengemuka pertanyaan kritis terkait harapan dan keinginan Mahasiswa dan Pelajar agar di libatkan dalam proses sosialisasi khususnya di pemilih pemula untuk menjadi Relawan Demokrasi.

    “Saya ingin bertanya bagaimana jika mahasiswa dan pelajar ini di libatkan dalam proses sosialisasi khususnya di pemilih pemula, karena memang mayoritas Mahasiswa dan Pelajar memiliki media sosial dan dapat melakukan sosialisasi melalui media sosial tersebut ,” ujar Haris, Ketua IPNU Kab. Lam-Sel, di Aula STAI YASBA tempat sosialisasi dilaksanakan.

    Menanggapi pertanyaan ini pemateri Komisioner KPU Kab. Lampung Selatan Mislamuddin, S.Pd.M.Pd , menyampaikan terima kasih atas masukan Mahasiswa dan siswa tersebut dan menyampaikan bahwa salah satu peran mahasiswa dan siswa yaitu membantu KPU dalam mensosialisasikan tahapan – tahapan KPU, baik di media sosial, keluarga maupun dengan teman sebaya.

    “inilah salah satu tujuan kami mengadakan kegiatan sosialisasi ini, adek adek setelah selesai mengikuti sosialisasi ini, dapat disosialisasikan juga di media sosial, keluarga, maupun teman sebaya, kami dari KPU Kab. Lampung Selatan siap menjadi narasumber saat adek adek mengadakan kegiatan khususnya sosialisasi tentang Pilkada,” jelas Mislam. (Kur)




    Komentar

    Tampilkan

    Terkini