-->
  • Jelajahi

    Copyright © datalampung

    IQAir Nyatakan Kualitas Udara Wilayah Kalianda Kategori Tidak Sehat

    Jumat, 08 September 2023, 15:45 WIB


    Lampung Selatan, Datalampung.com - Aplikasi pemantau polusi udara IQAir nyatakan kualitas udara wilayah Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, pada Jumat (08 Agustus 2023) masuk dalam kategori tidak sehat.


    Dilihat dari aplikasi IQAir pukul 14.00 WIB, Indeks Kualitas Udara wilayah Kecamatan Kalianda berada pada angka 152 US Air Quality Index (AQI US).


    Konsentrasi polutan tertinggi udara hari ini dalam PM 2.5 yakni 58.2 µg/m³. Angka konsentrasi tersebut sebesar 11.6 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO.


    "Tingkat polusi udara tidak sehat. Indeks kualitas udara 152* AQI US," bunyi keterangan di website www.iqair.com, dilansir pada, Jumat (08 September 2023).





    Dari kualitas udara ini, IQAir mengeluarkan rekomendasi kesehatan supaya masyarakat dapat mengenakan masker saat keluar ruangan, kemudian menutup jendela rumah supaya terhindar dari udara kotor.


    "Nyalakan penyaring udara, dan hindari aktivitas outdoor," jelas rekomendasi yang dikeluarkan IQAir.


    Sementara itu, Kepala Bidang Bina Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Lamsel, Basuki Didik Setiawan mengungkapkan, kondisi cuaca dan kualitas udara yang kurang baik pada saat ini memang kurang baik bagi masyarakat.


    "Agar kondisi ini tidak mengganggu kesehatan seperti bagi yang sensitif terhadap panas terik, agar banyak berlindung terhadap panas dan jika hendak keluar sebaiknya menggunakan pelindung panas berupa payung atau topi," katanya.


    Selain itu, kata Didik, masyarakat yang sensitif terhadap debu atau udara kotor, dapat menggunakan masker jika beraktivitas di luar ruangan.


    "Diharapkan masyarakat juga ikut andil dalam menjaga kualitas udara dengan tidak melakukan pembakaran sampah atau lahan untuk pertanian demi menjaga kualitas udara dan bahaya kebakaran," harapnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Politik

    +