-->
  • Jelajahi

    Copyright © datalampung

    Nanang Jenguk Bocah Penderita Autoimun

    Redaksi
    Minggu, 03 Mei 2020, 21:10 WIB

    Plt. Bupati Nanang Ermanto saat menjenguk Noval

    Bandar Lampung, datalampung.com - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menjenguk balita penderita autoimun atas nama Noval Aditya (1,5) di Rumah Sakit Advent, Bandar Lampung, Minggu (03/05/2020).

    Dalam kunjungannya, Nanang turut didampingi Plt Ketua TP PKK Lampung Selatan, Hj. Winarni, Kepala Dinas Kesehatan dr. Jimmy Bagas Hutapea, MARS dan Kepala UPT Kesehatan Kecamatan Natar.

    Dalam besukannya tersebut, Nanang menemui ibu dari Noval, Sugiyah warga Dusun Tanjung Waras Desa Merak Batin, Kecamatan Natar. Menurut Sugiyah, Noval telah lima kali mengalami perawatan di Puskesmas Natar, hingga di rujuk ke Rumah Sakit Advent di Bandar Lampung.

    Sementara, saat berinteraksi dengan Sugiyah, Plt Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mendoakan kesehatan Noval agar segera diberi kesembuhan. Dikesempatan itu, Nanang juga memberikan tali asih kepada Sugiyah untuk membantu biaya pengobatan Noval.

    “Kita semua berharap kesehatan Noval dapat segera membaik. Kita berdoa, minta kepada Allah agar segera diangkat penyakitnya,” ujar Nanang.

    Ditempat sama, Plt Ketua TP PKK Lampung Selatan, Hj. Winarni mengaku prihatin atas kondisi Noval. Ia berharap Noval segera diberi kesembuhan.

    “Ini adalah cobaan untuk keluarga Noval. Di Bulan Ramadan ini, kita minta kepada Allah agar Noval dapat segera membaik dan dapat berkumpul bersama keluarga kembali,” ucap Winarni.

    Sedangkan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, dr. Jimmy mengatakan, pihak Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan turut membantu meringankan beban orang tua pasien balita tersebut dengan cara mengakomodir melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS).

    “Yang bersangkutan telah kita beri Kartu Indonesia Sehat. Dimana semua biaya pegobatan dibebankan kepada APBD Kabupaten Lampung Selatan,” terang Jimmy dihadapan Plt Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto dan keluarga Noval.

    Diketahui, penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuh sendiri. Normalnya, sistem kekebalan tubuh menjaga tubuh dari serangan organisme asing, seperti bakteri atau virus.

    Namun, pada seseorang yang menderita penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuhnya melihat sel tubuh yang sehat sebagai organisme asing. Sehingga sistem kekebalan tubuh akan melepaskan protein yang disebut autoantibodi untuk menyerang sel-sel tubuh yang sehat. (kmf)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Politik

    +