-->
  • Jelajahi

    Copyright © datalampung

    Iklan

    Lapas Kelas IIA Kalianda Kini Mirip Tempat Rekreasi Keluarga

    Redaksi
    Minggu, 12 Januari 2020, 18:57 WIB
    Suasana Lapas Kelas IIA Kalianda

    Kalianda, datalampung - Sisi humanisme dan kenyamanan bagi warga binaan, serta keluarga warga binaan kini lebih diutamakan di Lapas kelas IIA Kalianda, Lampung Selatan, Lampung.

    Tak tanggung-tanggung, pihak Lapas Kelas IIA Kalianda merombak tampilan lapas yang biasanya tampak seram dan tak ramah, kini malah mirip seperti tempat rekreasi keluarga.
    Keluarga napi saat berkunjung

    Keluarga warga binaan terlihat sangat senang saat menjenguk keluarganya yang tengah "sekolah" di Lapas Kelas IIA Kalianda, pun dengan penghuninya.
    Kepala Lapas Kelas IIA Kalianda Endang Lintang (baju biru) didampingi kepala sub seksi keamanan Leon Nugroho

    Belum lagi, kini Kalapas Kelas IIA Kalianda Endang Lintang memberlakukan Family Day tiap bulannya untuk para napi bertemu keluarga di Lapas tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama dari pukul 8 pagi hingga 5 sore.

    "Ini sudah family day yang ke-empat kali, dari jam 8-5 sore. Gak kita batasi untuk keluarga, berapa aja bisa masuk untuk bertemu keluarga," kata Lintang kepada datalampung.com, (12/01/20).

    Dikatakan Lintang, Family Day yang diberlakukan oleh pihak lapas adalah kesempatan bagi penghuni lapas untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Sebab tak hanya sekedar ngobrol dengan keluarga di Lapas yang kini lebih cantik, berbagai macam hiburan juga disiapkan oleh pihak lapas dengan menggandeng kelompok-relawan di Lamsel.

    "Alhamdulillah kegiatan family day hari ini dan yang yang bulan kemarin, kita mendapatkan support dari relawan plat merah membawa begitu banyak kegiatan seperti hiburan band, badut, robot dan nanti dari negeri dogeng Lampung Selatan juga akan mengadakan lomba untuk anak-anak yang ada disini," terangnya.

    Pihak Lapas Kelas IIA Kalianda berharap, dengan lebih baiknya fasilitas lapas itu akan menjadikan warga binaannya menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

    "Ini memang tujuan kita, kita komitmen sama teman-teman disini bersama-sama bekerja keras bersama-sama merubah pradigma masyarakat bahwa lapas itu identik dengan seram, kesadisan, identik dengan pungli, nah hal-hal ini yang kita kikis bersama bahwa lapas tidak seperti itu, kita membina warga binaan ini untuk memanusiakan mereka," jelasnya.
    Panggung hiburan di Lapas Kelas IIA Kalianda

    Tanggapan positif juga diberikan oleh keluarga penghuni lapas yang tengah mengunjungi keluarganya di Family Day kali ini, ia mengaku sejak pagi datang dan akan pulang di sore hari.

    "Bagus, saya dari pagi dan mau pulang jam empat nanti. Suasananya juga nyaman, jadi enak berkunjung kesini juga nyaman. Kebetulan Familly Daynya hari Minggu, jadi pas saya libur kerja, soalnya saya kerjanya di Bandar Lampung," kata Roy Hanafi (20) salah seorang keluarga warga binaan di Lapas Kelas IIA Kalianda. (Kurdy)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini