-->
  • Jelajahi

    Copyright © datalampung

    Anggota DPRD Bangun Dermaga Sekampung Buat Petani

    Rabu, 22 Maret 2023, 23:08 WIB


    Lampung Selatan, datalampung.com - Anggota DPRD Lampung Selatan, Kodri, membangun Dermaga Way Sekampung di Desa Sukapura, Kecamatan Sragi. Dermaga ini membantu petani mengangkut hasil perkebunan melalui alur sungai, (22/3/2023).


    Kodri membangun Dermaga Way Sekampung atas dorongan masyarakat dan petani aliran Way Sekampung. Dermaga ini mempermudah angkutan hasil perkebunan seperti kelapa sawit dan jagung. Lokasi perkebunan hanya bisa diakses lewat sungai dan tidak bisa ditembus angkutan darat.


    Pembangunan Dermaga Way Sekampung memanfaatkan lahan 572 meter persegi. Proses pembangunan hampri setahun dan diperkirakan baru rampung Juli mendatang. Meski begitu, dermaga ini sudah beroperasi sekitar dua bulan.


    Angkutan hasil perkebunan sebelumnya sering terhambat banjir dan terhalang jembatan gantung. Petani dan pekerja merasa tertolong berkat pembangunan dermaga. Mereka bongkar kelapa sawit, jagung, dan hasil perkebunan tanpa dipungut biaya alias gratis. Perahu pun bisa ditambatkan kapapun tanpa khawatir tersapu banjir.


    Kodri mengakui pembangunan Dermaga Way Sekampung menguras biaya cukup besar. Namun, ia ikhlas mengeluarkan dana pribadi semata-mata dengan niat ibadah.


    Dermaga ini membantu petani mengeluarkan hasil kebun lewat Way Sekampung. Fasilitas ini memang sangat dibutuhkan mengingat aksesnya sulit dan hanya terjangkau dengan perahu. Petani semula kesulitan mengangkut sawit dan jagung  jika musim hujan dan arus sungai meluap.


    Pembangunan dermaga belum tuntas tetapi sudah bisa dioperasikan dengan kapasitas ratusan ton. Sehari tidak kurang 20 perahu bongkar sawit atau jagung. Hasil bumi dibawa keluar menggunakan truk. Selagi musim panen sawit sehari terangkut sampai 10 truk.


    Kodri mengharapkan fasilitas ini berkembang menjadi dermaga wisata. Karena itu dibangun kelengkapan fasilitas seperti pertokoan. Masyarakat dan UMKM bisa menjual produknya di sana. Dermaga Way Sekampung sudah melayani akses petani lintas kecamatan dan kabupaten.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini